PREDIKSI KISI - KISI SOAL UN SMP/MTS 09/10



Bahasa Indonesia

1. Membaca
Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis (artikel, berita, opini/tajuk,
tabel, bagan, grafik, peta, denah), berbagai karya sastra berbentuk puisi,
cerpen, novel, dan drama
Kemampuan yang diuji :
a. Menentukan isi dan bagian suatu paragraf
b. Menentukan kritik terhadap isi bacaan
c. Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk
d. Menentukan kalimat fakta/pendapat
e. Menyimpulkan isi paragraf
f. Menentukan isi tajuk
g. Menyimpulkan isi grafik, tabel, bagan, peta, denah
h. Menentukan unsur intrinsik puisi
i. Menentukan unsur intrinsik cerpen
j. Menentukan perbedaan unsur intrinsik beberapa novel
k. Menentukan unsur intrinsik drama

2. Menulis
Menulis karangan nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan
efektif dalam bentuk buku harian, surat resmi, surat pribadi, pesan
singkat, laporan, petunjuk, rangkuman, slogan dan poster,iklan baris, teks
pidato, karya ilmiah, dan menyunting serta menulis karya sastra puisi
Kemampuan yang diuji :
a. Menulis catatan pengalaman pada buku harian
b. Menentukan isi pesan singkat sesuai konteks
c. Menulis/menentukan paragraf laporan
d. Menulis/melengkapi surat pribadi
e. Menulis/melengkapi surat resmi
f. Menulis/menentukan rangkuman
g. Menulis/menentukan slogan
h. Menulis/melengkapi petunjuk melakukan sesuatu
i. Menulis/melengkapi kutipan pidato
j. Menentukan unsur karya ilmiah (perumusan permasalahan karya ilmiah, latar
belakang karya ilmiah
k. Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
l. permasalahan karya ilmiah, latar belakang karya
m. Menulis/melengkapi puisi
n. Menulis/melengkapi drama



Matematika

1. Menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan,
aritmetika sosial, barisan bilangan, sertapenggunaannya dalam pemecahan masalah.
Kemampuan yang diuji :
a. Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat
b. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan
c. Menyelesaikan masalah berkaitan dengan skala dan perbandingan
d. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jual- beli
e. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan dan koperasi
f. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan
2. Memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan dan pertidaksamaan linear,
persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem persamaan linear, serta
menggunakannya dalam pemecahan masalah
Kemampuan yang diuji :
a. Mengalikan bentuk aljabar
b. Menghitung operasi tambah, kurang, kali, bagi atau kuadrat bentuk aljabar
c. Menyederhanakan bentuk aljabar dengan memfaktorkan
d. Menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel
e. Menentukan irisan atau gabungan dua himpunan dan menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan
f. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
g. Menentukan gradien, persamaan garis dan grafiknya
h. Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel
3. Memahami bangun datar, bangun ruang, garis sejajar, dan sudut, serta
menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Kemampuan yang diuji :
a. Menyelesaikan soal dengan menggunakan teoremaPythagoras
b. Menghitung luas bangun datar
c. Menghitung keliling bangun datar dan penggunaan konsep keliling dalam
kehidupan sehari-hari
d. Menghitung besar sudut pada bidang datar
e. Menghitung besar sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua
garis sejajar berpotongan dengan garis lain.
f. Menghitung besar sudut pusat dan sudut keliling pada lingkaran
g. Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kesebangunan
h. Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kongruensi
i. Menentukan unsur-unsur bangun ruang sisi datar
j. Menentukan jaring-jaring bangun ruang
k. Menghitung volume bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung
l. Menghitung luas permukaan bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung
4. Memahami konsep dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Kemampuan yang diuji :
a. Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah
sehari-hari
b. Menyajikan dan menafsirkan data



IPA

1. Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai
dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Kemampuan Yang Diuji :
a. Menentukan besaran fisika dan satuan yang sesuai
b. Membaca alat ukur
2. Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kemampuan Yang Diuji :
a. Menentukan salah satu variabel dari rumus ρ=m/v
b. Menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
c. Menentukan salah satu variabel dari rumus kalor
3. Menjelaskan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kemampuan Yang Diuji :
a. Membedakan jenis gerak lurus dan mengidentifikasi terjadinya gerak tersebut
dalam kehidupan sehari-hari
b. Menentukan variabel dari rumus tekanan pada suatu zat
c. Menyebutkan perubahan energi pada suatu alat dalam kehidupan sehari-hari
d. Menentukan besaran fisika pada usaha dan energi
e. Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
4. Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam
produk teknologi sehari-hari.
Kemampuan Yang Diuji :
a. Menentukan salah satu besaran fisika pada getaran dan gelombang
b. Menjelaskan ciri dan sifat-sifat bunyi serta pemanfaatannya.
c. Menentukan berbagai besaran fisika jika benda diletakkan di depan lensa atau
cermin
d. Menentukan besaran-besaran pada alat optik dan penggunaannya dalam kehidupan
sehari-hari
5. Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
Kemampuan Yang Diuji :
a. Menjelaskan terjadinya gejala listrik statis serta menentukan jenis muatan
b. Menentukan besaran fisika pada berbagai bentuk rangkaian listrik
c. Menentukan besarnya energi dan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari
d. Menjelaskan cara pembuatan magnet serta menentukan kutub-kutub yang dihasilkan
6. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya.
Kemampuan Yang Diuji :
a. Menjelaskan karakteristik benda-benda langit dalam tata surya
b. Menjelaskan keterkaitan pasang naik dan pasang surut dengan posisi bulan
7. Menjelaskan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, komponen ekosistem serta
interaksi antar makhluk hidup dalam lingkungan, pentingnya pelestarian makhluk
hidup dalam kehidupan.
Kemampuan Yang Diuji :
a. Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup
b. Mengidentifikasi ciri-ciri pada pengelompokan makhluk hidup
c. Menjelaskan interaksi antarmakhluk hidup dalam ekosistem
d. Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan
lingkungan
e. Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup
f. Memprediksi hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan lingkungaN
8. Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan/organ-organ pada tumbuhan
dan manusia.
Kemampuan Yang Diuji :
a. Menentukan jenis tulang/sendi/otot pada alat gerak manusia beserta fungsinya
b. Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses
pencernaan
c. Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan
dengannya
d. Menjelaskan proses pada sistem ekskresi (ginjal)
e. Menjelaskan sistem saraf pada manusia
f. Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan
g. Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar
h. Menjelaskan proses fotosintesis dan percobaan- percobaan tentang proses
tersebut
9. Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan
pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan
masyarakat.
Kemampuan Yang Diuji :
a. Menjelaskan konsep perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan
hidupnya
b. Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel
c.Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan
kuantitas organisme disertai dengan contohnya
d. Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusiA
10. Menjelaskan bahan kimia alami dan buatan yang terdapat dalam bahan makanan dan
Kemampuan Yang Diuji :
a. Menentukan bahan kimia pada makanan yang ditambahkan pada makanan
pengaruhnya terhadap kesehatan.
b. Mendeskripsikan pengaruh zat adiktif/psikotropika pada tubuh kita

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... My Ping in TotalPing.com